Pages

Selamat Datang di website KUA Kecamatan Seyegan D.I.Yogyakarta

Data Nikah Online Bisa Mendeteksi Poligami

YOGYAKARTA, (PRLM).- Sistem pencatatan pernikahan online atau dikenal sistem informasi manajemen nikah berfungsi tidak sebatas pelayanan cepat. Pernikahan yang dipandu teknologi informasi bisa mendeteksi upaya poligami terselubung.
Sistem nikah online berbasis teknologi IT tersebut sangat bersesuaian dengan kemajuan peradaban manusia dan teknologi. Namun diperlukan kerja keras untuk sosialisasi kepada masyarakat sekaligus menyempurnakan sinkronisasi data kependudukan.
Kasus nikah online di Kantor Urusan Agama Seyegan, Sleman misalnya, perangkat nikah online ini telah terpasang mulai Rabu (16/3). Sistem ini merupakan rintisan yang pertama kali diterapkan di Yogyakarta. Sebelum ini, sistem yang dirancang oleh KUA Sidoarjo, Jatim, telah diterapkan di sejumlah KUA di Jatim, Jateng, dan Jabar.
Kepala KUA Seyegan, Sleman Halili, S.Ag.,MSI menyatakan sistem nikah online bisa mendeteksi calon pengantin yang bermaksud menyalahgunakan pernikahan. Misalnya calon pengantin laki-laki mengaku bujang. Ketika data dimasukkan, nama calon tersebut muncul dan terdapat status menikah dalam database di Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, otomatis pernikahan yang dilandasi niat jahat tersebut bisa dicegah. “Nikah online ini bisa mencegah juga pemalsuan buku nikah,” kata dia.
Menurut dia nikah online ke depannya bisa membantu basis data kependudukan. Apabila sistem kependudukan nasional telah dioperasikan, database pernikahan disambungkan dengan data kependudukan.
Jika basis nikah online lancar, sistem pembayaran biaya administrasi pernikahan akan dilakukan online di bank yang ditunjuk. Pembayaran online administrasi pernikahan mencegah terjadinya pungli maupun tindakan korupsi.
“Dalam masa rintisan ini, target utama sistem nikah online berupa pelayanan prima kepada masyarakat. Proses pendaftaran sampai cetak buku nikah langsung dengan komputer usai akad nikah,” kata dia. (A-84/kur)**

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Terakhir

Entri Populer